Manaqib (singkat) Tuan Wali Syeikh Muhammad Zaini bin 'Abdil Ghony Al-Banjari QS.


Para pemirsa yang diRahmati oleh Allah. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, didalam Kitab Nashoihul Ibad karangan Syeikh Imam Nawawi Al-Banteni disebutkan : Bahwa menyembut nyebut dan mengingat atau bahkan membaca kisah orang sholeh yang menjadi kekasih Allah merupakan salahsatu penyebab akan turunnya Rahmat Allah ketika itu. Dengan ini pula kita berharap semoga dengan membaca sedikit daripada Manaqib ini atau bahkan berkumpulnya kita pada saat ini ,menjadi sebab akan terlimpahnya Rahmat Allah kepada kita sekalian, diampuni segala dosa kita dan berakhir dengan keridhoan Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin, Berkat Rosululloh, Berkat Wali Wali Allah, Berkat Syeikh Samman Al-Madani, Berkat Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari, juga Berkat Syeikh Muhammad Zaini Ghani Al-Banjari .. Lahumul faaatihah .... (1x).


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم . اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ . اَللّٰهُمَّ صَلّ عَلٰي سَيّدِنَا وَ نَبِيّنَا وَ حَبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰي اٰلِهِ وَ صَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. 


Bermula Tuan Wali Al-Quthub Al-'Alimul 'Allamah Al-'Arifbillah Asy-Syeikh Muhammad Zaini Ghani Al-Banjari merupakan anak dari pasangan yang Ahli Ibadah, Ayahnya bernama H. Abdul Ghani dan Ibunda beliau bernama Hj. Masliah. Tuan Wali sendiri lahir pada Malam Arba Tanggal 25 Muharram Tahun 1361 Hijriah atau yang bertepatan pada 11 Februari 1942 Masehi di Kampung Tunggul Irang, dan diberi nama kecil yaitu Qusyairi.

Sejak kecil beliau sudah termasuk dari salah seorang yang mahfuzh, yaitu suatu keadaan yang sangat jarang sekali terjadi, kecuali bagi orang-orang yang sudah dipilih oleh Allah SWT. Beliau adalah salah seorang anak yang mempunyai sifat-sifat dan pembawaan yang lain daripada anak-anak yang lainnya, di antaranya adalah bahwa beliau tidak pernah ber-ihtilam atau mimpi halnya anak anak yang beranjak dewasa.

Tuan Wali Syeikh Muhammad Zaini bin Abdil Ghani Al-Banjari ialah Ulama yang 'Alim lagi mengamalkan 'Ilmunya, seorang Ulama yang haus akan Ilmu diwaktu muda sampai tua nya, hal ini terbukti dengan banyaknya ulama ulama yang beliau datangi dalam pencarian ilmu pada saat itu. Guru beliau yang sangat mempengaruhi dan yang khusus bagi beliau ialah Syeikh Muhammad Syarwani Abdan Bangil, Syeikh Sayyid Amin Quthby, Syeikh Muhammad Samman Al-Madani sampai kepada Baginda Nabi Besar Muhammad saw. Dan lagi beliau adalah seorang Ulama yang menghimpun dan melengkapi antara Syari'at, Thoreqot dan Hakikat-Nya, beliau seorang Mursyid Thoreqot Sammaniyyah dan beberapa Thoreqoh lainnya, Seorang yang hafal qur'an beserta tafsir nya, dan merupakan mutiara banjar yang berasal dari seorang Tokoh besar islam, yakni Tuan Wali Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang dikenal dengan Datuk Kalampaian. 

Pada kesempatan yang sedikit ini, kami tidak mampu menguraikan sekian banyaknya Karomah daripada Tuan Wali Syeikh Muhammad Zaini bin Abdil Ghani Al-Banjari. Namun satu hikmah dari segala Karomah yang beliau terima ialah Ke-Istiqomahan beliau dalam belajar dan mengajar, kuatnya Himmah beliau dalam ber-amal dan beribadah kepada Allah & Rosul-Nya, serta kokohnya pendirian beliau dalam menjaga segala Rahasia yang telah Guru beliau amanahkan, lalu beliau himpun dalam satu sistem, yakni sistem KAJI GAWI, setalah di Kaji dan didapatkan maka kerjakan tanpa banyak mem-proklamirkan diri kepada orang lain. 

Tuan Wali Syeikh Muhammad Zaini bin Abdil Ghani Al-Banjari sempat meninggalkan beberapa karya tulis yang berupa beberapa kitab yang diantaranya : 

- Risalah Mubaroqah.
- Manaqib Asy-Syekh As-Sayyid Muhammad bin Abdul Karim Al-Qadiri Al-Hasani As-Samman Al-Madani.
- Ar-Risalatun Nuraniyah fi Syarhit Tawassulatis Sammaniyah.
- Nubdzatun fi Manaqibil Imamil Masyhur bil Ustadzil a’zham Muhammad bin Ali Ba’alawy.

Beliau juga sempat memberikan beberapa pesan kepada seluruh masyarakat Islam, yakni:

1. Senantiasa Menghormati ulama dan orang tua
2. Selalu Baik sangka terhadap saudara kam muslimin
3. Murah hati
4. Murah harta
5. Manis muka
6. Jangan menyakiti orang lain
7. Mengampunkan kesalahan orang lain
8. Jangan bermusuh-musuhan
9. Jangan tamak atau serakah
10. Berpegang kepada Allah, pada kabul segala hajat
11. Yakin keselamatan itu pada kebenaran.

Jama'ah yang Insya Allah sama sama diRahmati oleh Allah, diakhir usia beliau, setelah menjalani 10 hari perawatan medis di Rumah Sakit Singapura, akhirnya Tuan Wali Syeikh Muhammad Zaini bin Abdil Ghani Al-Banjari kembali ke Hadhirat Allah,  wafat pada Hari Rabu Tanggal 05 Rajab Tahun 1426 Hijriah atau yang bertepatan pada 10 Agustus Tahun 2005. Semoga Allah tinggikan derajat beliau, Allah tambahkan segala Karunia-Nya kepada beliau sampai hari qiyamat kelak.

Mudah mudahan apa yang singkat ini mampu mengembalikan semangat juang kita bersama dalam ber-amal dan beribadah kepada Allah & Rosul-Nya. Mudah mudahan pula berkat Baginda Nabi Muhammad saw juga Berkat Tuan Wali Syeikh Muhammad Zaini Ghani Al-Banjari,  Allah berikan kekuatan kepada kita semua dalam ber-Istiqomah dalam bermajelis guna meraih Ridho Allah Azza Wa Jalla, Dunia sampai Akhirat kelak. Aamiiin Allahumma Aaamiin

Demikian ringkasan Manaqib daripada Tuan Wali Syeikh Muhammad Zaini bin Abdil Ghani Al-Banjari yang mungkin dapat kami sampaikan, lebih kurangnya mohon dimaafkan, dan terimakasih

Alfaatihah

Sholawat Nur

 



Ya Allah, limpahkanlah shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad, sang cahaya-Mu yang selalu bersinar dan pemberian-Mu yang tak kunjung putus, dan kumpulkanlah aku dengan Rasulullah di setiap zaman, serta shalawat untuk keluarganya dan sahabatnya, wahai Sang Cahaya.


MANAQIB IMAM 'ABDURRAHMAN AD-DIBA'I





Sumber : Kitab Majmu' susunan Al 'Fadhil KH. Munawwar Ghozali Martapura.

1 Bacaan 3 Makna


Wa Ba'du .... Allah Azza Wa Jalla menyebutkan kisah nabi Yunus ‘Alaihis salam

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَعَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِين

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap : “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim. Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman”.(Al-Anbiyaa` : 87-88 )

Ayat dan kisah diatas mengajarkan keharusan seorang insan tuk bermohon, berdoa dan meminta kepada Tuhan-Nya, pun suatu doa yang diucapakan Nabi Yunus Alaihis salam ketika beliau dalam tiga kegelapan, berkata Ibnu Mas’ud,

ظلمة بطن الحوت، وظلمة البحر، وظلمة الليل

Dalam tiga kegelapan : kegelapan perut ikan Paus, kegelapan lautan, dan kegelapan malam. “ ( Tafsir Ibnu Katsir : 5/367 )

Bermula do’a nabi Yunus ‘alaihis salam tersebut pun mengandung tiga unsur pokok yang menunjukan kepada kita betapa diperlukannya memperbaiki hubungan makhluq kepada Sang Kholiq. Unsur didalan doa itu ialah 

Pertama : أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Mengikrarkan kembali tauhid kepada Allah, yaitu bahwa seorang hamba yang ingin berdoa kepada Allah hendaknya memperbaiki hubungannya dengan Allah dengan mentauhidkan dalam ibadah serta meninggalkan syirik. Ini terdapat di dalam surat al-Fatihah juga dengan firman-Nya:

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

“Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”. (Qs. al-Fatihah : 5)

 Unsur Kedua : سُبْحَانَكَ

Hendaknya seseorang tiada menanggalkan Kesucian Allah dari segala sesembahan lain. Selalu mensucikan Allah, dengan menyakini bahwa satu-satu Dzat yang suci dan dan sempurna serta tidak pernah salah adalah Allah. Sebaliknya manusia adalah makhluq yang lemah yang penuh dengan kekhilafan dan kesalahan.

 Unsur Ketiga : إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Hendaknya seorang hamba dalam berdoa merasa bahwa dirinya adalah makluq yang lemah, tidak berdaya, tidak mempunyai kekuatan, selalu membutuhkan pertolongan Allah di dalam kehidupan ini. Inilah hakekat ibadah, yaitu ketundukan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, semakin kita menampakkan ketundukan kita di hadapan Allah, maka semakin kita dekat dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

Mengapa do’a Nabi Yunus mudah diijabah ?

Karena dalam do’a beliau tersebut terdapat pengakuan pada ketauhidan Allah ‘azza wa jalla dan pengakuan terhadap setiap dosa, kesalahan dan kezholiman yang diperbuat diri sendiri.

Intinya dalam do’a Dzun Nuun ini ada tiga keistimewaan :

1. Pengakuan tauhid.

2. Pengakuan akan kekurangan diri.

3. Berisi permohonan ampun (istighfar) pada Allah

Sudah sepatutnya bagi setiap hamba yang mengalami kegelisahan dan kesedihan untuk banyak-banyak mengulang do’a ini dan menambahkan dalam setiap do’anya. Niscaya Allah pun akan mudah mengijabahi doanya. Jadi awali lah setiap doa apa saja dengan doa Dzun Nuun ini, niscaya doa tersebut akan diijabahi dengan izin Allah. Yakinlah!

Wallahu A'lam Bish_Showab dan semoga bermanfaat 

Sebuah Nasehat

Al-Imam Al-Habib 'Ali Al-Habsyi berkata : Nak .. Belajarlah kalian menerima mawar beserta durinya. Dan belajarlah kalian menerima sgala perihal kehidupan dunia ini, baik dalam keadaan suka maupun duka.

• Apabila kita dipertemukan dengan hal hal menyulitkan, maka ketahuilah bahwa Allah Azza Wa Jalla sedang mendidik kita tentang arti SABAR.

• Dan jika kita dipertemukan dengan hal hal yang bernilai kesenangan, keindahan, maka ketahuilah pula bahwa Allah SWT sedang mengajarkan kepada kita tentang arti SYUKUR.

Hingga dalam sebuah kesempatan, Rosulullah saw pernah menggambarkan tentang sifat-sifat seorang muslim. Beliau bersabda :

عَجَباً لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ. إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ. وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ. إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ. فَكَانَ خَيْراً لَهُ . وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ، فَكَانَ خَيْراً لَهُ. (رواه مسلم)

Sungguh menakjubkan perkaranya orang mukmin itu, karena semua urusan orang mukmin itu penuh dengan kebaikan. Hal ini tidak akan terjadi pada orang lain, kecuali orang mukmin saja. Jika mendapat kesenangan, (syakar) ia bersyukur, maka hal itu menjadi kebaikan baginya. Dan apabila ditimpa kesulitan, (shabar) ia bersabar, maka hal itu pun menjadi kebaikan baginya. (HR. Muslim). 

Yaa Allah, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti Rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah). Aamiin Allahumma Aamiin.

MENGALAH ADU GULAT DEMI DZURIAT RASULILLAH ﷺ


Di Irak, ada seorang pegulat terkenal dan tangguh yang tak terkalahkan. Namanya Abu Qasim. Tak seorang pun mudah mengalahkan Abu Qasim, sehingga sulit mencari lawan tandingnya.


Suatu hari, sang Raja mengadakan sayembara adu gulat dengan hadiah besar melawan pegulat tangguh, Abu Qasim. Seorang lelaki tua, mendaftarkan dirinya sebagai lawan gulat menantang Abu Qasim.

Pada hari H pertandingan, Abu Qasim dengan gagahnya dielukan-elukan pendukungnya. Abu Qasim maju ke arena pertandingan. Tak dinyana, sebelum pertandingan, lawan tarungnya berkata:

"Wahai Abu Qasim, aku tahu engkau seorang pegulat tangguh yang tak sembarang orang mudah mengalahkanmu. Tapi kali ini mengalahlah demi keadaanku?!"

"Apa maksudmu, tanya?" Abu Qasim keheranan.

"Begini, aku adalah seorang dzuriat keturunan Rasulullah. Aku dan keluargaku hidup dalam serba kekurangan. Kami kelaparan. Begitu mendengar ada sayembara yang menjanjikan hadiah besar dari sang Raja, aku nekat mengikutinya, sebab keluargaku tertimpa musibah. Aku memohon, agar engkau bersedia mengalah untukku kali ini saja!"

Mendengar penuturan tulus itu, Abu Qasim terenyuh. Kecintaannya yang besar terhadap Rasulullah mengalahkan rasa ego dan reputasi kariernya yang bersinar cemerlang.

"Baiklah, aku akan mengalah, demi cintaku pada datukmu!" sahut Abu Qasim.

Pertandingan dimulai, baru di ronde pertama, Abu Qasim pegulat tangguh itu bertekuk lutut menyerah kalah. Semua penonton keheranan. Bagaimana sang pegulat tangguh kalah bertarung dengan lelaki tua yang tampak tak berdaya? 

Akhirnya, hadiah itu diserahkan pada seorang sayyid yang tua itu demi membantu keluarganya yang sedang tertimpa musibah.

Hingga sang Raja pun sontak merasa tak percaya apa yang dilihatnya. Sang Raja memanggil Abu Qasim dan menanyakan perihal kekalahannya. Abu Qasim menjawab, "Aku memang sengaja mengalah demi cintaku terhadap datuknya!"

Pada malam harinya, Abu Qasim bermimpi bertemu dengan Rasulullah. Dalam mimpinya, Rasulullah mendekap dan mencium Abu Qasim seraya berkata:

"Abu Qasim, lantaran engkau telah menolong cucuku, aku mencintaimu dan Allah pun mencintaimu. Sejak malam ini, Allah angkat derajatmu menjadi wali-Nya, waliyun min auliaillah, golongan para kekasih Allah."

Begitulah awal kisah seorang bernama Abu Qasim yang kemudian dikenal sebagai seorang wali dan sufi kenamaan dengan sebutan Imam Junaid al-Baghdadi. 

Semoga hati kita dicintakan dengan ahlu bait Nabi dan kita bukan menjadi pengikut kelompok-kelompok yang di dalamnya terdapat orang-orang yang selalu menebarkan kebencian serta fitnah terhadap para habaib dan ahli dzuriat nabi dengan alasan apa pun itu.

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله سيدنا محمد


SEBUAH NASEHAT

Kepada saudaraku yang terus mencoba ber-Istiqomah dalam iman dan Islam, ketahuilah oleh kalian bahwa setiap harinya jatah usia kalian teruslah berkurang, namun taj sedikit diantara manusia yang terlena dan lalai dalam berkurangnya usia tersebut. Sangat berbeda ketika harta diantara kalian yang hilang, pddahal harta yang hilang bisa dicari sementra umur yang hilang takkan mungkin kembali. Selain daripada itupula, patut bagi kalian tuk menyadari bahwa pokok segala kesalahan didunia ini terkadang tercipta karena 3 sebab : yakni 

1. Sifat sombong. Bersihkanlah hati kalian dari sifat ini, sebab bermula sifat sombong inilah yang menjadikan Iblis menjadi terlaknat di hadapan Allah Azza Wa Jalla.

2. Rakus (Ambisi). Sifat jauhkanlah hati kalian dengan sifat ini. Sebab sifat ini lah yang mengakibatkan Nabi Adam dikeluarkan (Allah) dari dalam Surga-Nya. 

3. Iri dan dengki. Sucikanlah hati kalian dari sifat iri dan dengki ini, sebab iri dengki Inilah yang memicu putra Nabi Adam (Qobil) berbuat zholim terhadap saudaranya (membunuh Habil).

Sungguh, Allah akan menjadikan dunia sebagai tempat persinggahan dan akhirat sebagai kampung halaman. oleh karena itu, persiapkanlah bekal di tempat persinggahan untuk menuju kampung halaman. keluarkanlah dunia dari hatimu sebelum badanmu keluar dari dunia.
--------------------------------------------------
Yaa Allah ... kami memohon pada- Mu .... Agar engkau mewafatkan kami dalam keadaan Islam dan berserah diri. Dan kumpulkanlah kami kelak Bersama hamba-hambaMu yang sholeh lagi engkau Ridhoi.

Aamiiin Yaa Robbal 'Aalamiin

Entri Unggulan

Maksiat Hati.

Ketatahuilah bahwasanya agama islam sangat mengedepankan akhkaq yang baik serta hati yang bersih dari segala penyakit yang akan menyengsarak...

Entri paling diminati