Minggu

Nasehat Sufi 4




ﺑﺴـــــــــﻢ ﭐﻟﻠﻪ ﭐﻟﺮﺣـﻤـﻦ ﭐﻟﺮﺣـــــــﻴﻢ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ, وَالصَّلاَهُ وَالسَّلاَمُ عَلَي اَشْرَافِي اْلاَنْبِيَاءِ وَاْلمُرسَلِيْنَ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدِِ وَ عَلَي اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلِّمْ

Terlalu faqier diri ini untuk selalu menghitung hitung akan betapa besarnya Anugerah dan Nikmat Allah swt, tak akan pernah mampu diri ini untuk selalu membicarakan betapa berlimpahnya Keagungan, Kebesaran serta Kasih Sayang-Nya pada segenap ciptaan baik yang awal ataupun sesudahnya. Dengan itulah kita manusia yang memiliki Iman serta ke-Islaman selalu dituntut untuk lebih arif dalam menerjemahkan berbagai bentuk kejadian yang melengkapi setiap sudut pada kehidupan ini.

Tidak semua manusia memiliki ke-Islaman dan ke-Imanan yang baik. Kadang yang islam dan yang beriman pun harus melalui beberapa tahapan2 yang telah Allah sediakan dalam bentuk ujian dan cobaan demi untuk memilih atau pencarian manusia2 yang terbaik dalam islam dan iman. Ketahuilah bahwasanya hidup tidak hanya sebatas makan dan tidur, tidak pula sebatas bekerja dan berfoya demi menjamu nafsu2 yang berkembang pada diri seseorang. Hidup kita umat islam dan yang beriman sungguh memiliki tujuan, yakni berbakti dan mengabdikan diri kepada Allah melalui amaliah ataupun melalui sebuah peribadatan.

Ingatlah pesanku ini agar kalian berbahagia kelak dinegeri akhirat, berpedomanlah kalian selalu kepada nasehat ku ini hingga kalian keluar sebagai manusia2 pilihan yang telah Allah limpahkan dengan ridho-Nya.

1. Siapa yang memperbaiki hati dan bathinnya pasti Allah perbaiki dzohirnya.

2. Siapa yang memperbaiki hubungannya dengan Allah pasti Allah perbaiki hubungannya dengan manusia.

3. Siapa yang beramal untuk akhiratnya pasti Allah cukupkan kebutuhan-kebutuhan dunianya.

Bermula dari perbaikan hati serta bathin, maka secara jelas dzohir akan menimbulkan beberapa adab dan perangkai yang indah. Lalu dengan adab yang semula terbit dari hati yang bersih, maka seseorang itupun akan senantiasa berlaku ihsan kepada setiap manusia lainnya, hingga segala amal dan ibadatnya pun tulus ikhlash hanya kepada akhirat, yakni keridhoan Allah Azza Wa Jalla. Semoga 3 nasehat tersebut selalu memotifasi bagi kita semua untuk menutut kelayakan dzohir bathin hingga dunia akhirat. Semoga Allah menghimpun kita bersama sama orang2 yang IA ridhoi dan IA Cintai.

آمِيـنَ يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar